Pages

Labels

Powered by Blogger.

Thursday, February 28, 2013

Usaha Pelestarian Keanekaragaman Hayati | Materi Biologi Kelas X

pelestarian alam
Gambar sekorakyat.org
Sebelumnya anda mungkin sudah membaca tentang manfaat keanekaragaman hayati . Memang dari berbagai segi banyak sekali manfaatnya. Namun yang paling sulit dalam keanekaragaman hayati sebenarnya masalah pelestarian. Berikut ini adalah beberapa contoh upaya pelestarian nya dengan langkah sebagai berikut ini:



Tekanan berbagai kepentingan pemanfaatan hayati di banyak kawasan, mengancam kekayaan margasatwa Indonesia. Kepulauan Indonesia berupa alam sangat luas dan penting baik secara nasional, maupun internasional. Indonesia mempunyai tanggung jawab dunia dan nasional untuk memerhatikan secara sungguh-sungguh mengenai perlindungan. Kini lebih dari 350 daerah di Indonesia ditetapkan untuk konservasi, meliputi upaya pelestarian ekosistem dan melindungi tanah dan air. Selain itu, Indonesia juga harus memerhatikan hal-hal yang mengkhawatirkan, seperti :
  • bagian terkaya daerah pelestarian telah hilang di daerah hutan penebangan;
  • petani mencari keuntungan lebih untuk nafkah hidup;
  • pembangunan jalan melintasi batas hutan dan menembus taman nasional;
  • pencarian dan penambangan mineral di banyak taman nasional dan kawasan lindung, sehingga mengganggu hutan dan margasatwa, juga pencemaran yang tinggi
  • kelambanan penanganan pelestarian akan mempercepat hilangnya hayat, hilangnya banyak daerah dan jenis khas yang tak tergantikan.
Agar ekosistem yang rusak cepat pulih, kita harus memberikan kesempatan pada ekosistem tersebut untuk melakukan pemulihan alami karena ekosistem mempunyai kekuatan pemulihan luar biasa. Ada dua cara pelestarian keanekaragaman hayati di Indonesia, yaitu sebagai berikut :
  • Budi daya atau pemuliaan hayati di bidang pertanian, perkebunan, perikanan, peternakan, dan sebagainya.
  • Pelestarian hayati, meliputi upaya in situ dan ex situ.
a. Pelestarian secara in situ, yaitu melindungi sumber hayati di tempat aslinya. Hal ini dilakukan sehubungan dengan keberadaan organisme yang memerlukan habitat khusus, dan akan membahayakan kehidupan organisme tersebut jika dipindahkan ke tempat lainnya, contoh: cagar alam, hutan lindung, suaka margasatwa, taman laut.
b. Pelestarian secara ex situ, merupakan bentuk perlindungan kenanekaragaman hayati Indonesia dengan cara memindahkan hewan atau tumbuhan ke tempat lainnya yang cocok bagi
kehidupannya, contoh: kebun raya, hutan nasional, hutan produksi, kebun binatang, Tabulampot (tanaman budi daya dalam pot).

Kata kunci : upaya pelestarian keanekaragaman hayati, pengertian keanekaragaman hayati, tingkatan keanekaragaman hayati, biologi sma kelas x
sumber
My Ping in TotalPing.com

1 comments:

  1. mantap gan, terus update artikelnya..jika anda mencari seputar teknologi dan biologim silahkan agan kunjungi http://csbioinformatika.us disana banyak artikel tentang bioinformatika,,, oh ya, follow aja websitenya, nanti ane follow balik :D

    ReplyDelete

 

Blog Archive

Blogroll

About