Melintasblog - Jika kita berbicara mengenai peluang usaha tentu saja sangat banyak sekali usaha ataupun bisnis yang dapat kita tekuni saat ini. Seiring dengan kemajuan teknologi yang semakin pesat maka berbagai macam usaha kecil maupun dengan skala besar dapat kita ketahui. Apa manfaat teknologi untuk bisnis? Yappp tentu saja teknologi mempunyai peran besar dalam hal komunikasi dan juga publikasi usaha kita. Untuk selanjutnya kita juga harus belajar tentang tata cara ber wirausaha . Berhubung usaha itu harus memiliki manajemen yang bagus berikut ini adalah beberapa fungsi manajemen dengan pola POLC
Fungsi manajemen - POLC
Fungsi Perencanaan / Planning
Fungsi perencanaan adalah suatu kegiatan membuat tujuan perusahaan dan diikuti dengan membuat berbagai rencana untuk mencapai tujuan yang telah ditentukan tersebut.
Fungsi Pengorganisasian / Organizing
Fungsi perngorganisasian adalah suatu kegiatan pengaturan pada sumber daya manusia dan sumberdaya fisik lain yang dimiliki perusahaan untuk menjalankan rencana yang telah ditetapkan serta menggapai tujuan perusahaan.
Fungsi Pengarahan / Directing / Leading
Fungsi pengarahan adalah suatu fungsi kepemimpinan manajer untuk meningkatkan efektifitas dan efisiensi kerja secara maksimal serta menciptakan lingkungan kerja yang sehat, dinamis, dan lain sebagainya.
Fungsi Pengendalian / Controling
Fungsi pengendalian adalah suatu aktivitas menilai kinerja berdasarkan standar yang telah dibuat untuk kemudian dibuat perubahan atau perbaikan jika diperlukan.
Unsur-Unsur Manajemen
Untuk mencapai tujuan yang telah ditentukan diperlukan unsur-unsur /alat-alat sarana yang dikenal dengan 6M, yaitu :
- Men, sumber daya manusia
- Money, uang
- Materials, bahan baku
- Machines, mesin
- Method, tata cara
- Markets , pasar
Tingkatan Manajemen
1. Top manajemen / manajemen puncak, tingkat tertinggi dalam manajemen
contoh: Direktur, direksi, GM, CEO
2. Middle Management / manajemen menengah
contoh : kepala Dvisi, kepala bagian, kepala pabrik
3. First line/ lower management/ manajemen bawah
contoh : supervisor, mandor
contoh: Direktur, direksi, GM, CEO
2. Middle Management / manajemen menengah
contoh : kepala Dvisi, kepala bagian, kepala pabrik
3. First line/ lower management/ manajemen bawah
contoh : supervisor, mandor
Perbandingan kinerja masing-masing tingkatan manajeman
Semakin tinggi tingkat manajemen, maka pekerjaan semakin abstrak, pekerjaan lebih banyak menggunakan pikiran, pennghasilannya semakin besar
Sebaliknya,
Semakin rendah tingkat manajemen, maka pekerjaan lebih jelas, pekerjaan lebih banyak menggunakan fisik, penghasilannya semakin kecil
Sebaliknya,
Semakin rendah tingkat manajemen, maka pekerjaan lebih jelas, pekerjaan lebih banyak menggunakan fisik, penghasilannya semakin kecil
Kata Kunci : pengertian manajemen , manajemen bisnis, manajemen usaha, peluang usaha, online bisnis,
0 komentar:
Post a Comment