Pages

Labels

Powered by Blogger.

Thursday, February 28, 2013

Sejarah Pengertian dan Ciri Ciri Manusia Purba | Zaman Prasejarah

Sejarah Pengertian dan Ciri Ciri Manusia Purba
Kehidupan Manusia Purba
Setelah sebelumnya Lintas Blog membahas masalah mobil kecil terlaris kali ini openmind4shared akan membahas di dunia edukasi yakni mengenai manusia purba. Hal ini berkaitan dengan zaman prasejarah. Pada postingan kali ini mudah mudahan dapat bermanfaat bagi temen temen sekalian yang masih duduk di bangku sekolah ataupun tidak. Mau tau tentang pengertian manusia purba dan juga ciri ciri manusia purba itu sendiri. Simak ulasan berikut ini ya sobat.


Di zaman dahulu kala kira kira pada zaman plestosin sekitar 1,9 juta tahun yang lalu, di Indonesia telah dihuni oleh manusia. Nah .. Manusia yang hidup pada zaman itulah yang disebut sebagai Manusia Purba. Jadi yang dimaksud dengan manusia purba yaitu manusia yang hidup pada zamanpurba/zaman prasejarah/zaman pra-aksara/zaman nirleka. Selanjutnya berikut di bawah ini ciri-ciri manusia purba:
  • Berjalan tegak dengan menggunakan kedua kakinya
  • Memiliki akal dan volume otak yang lebih besar daripada primata lain.
  • Mengenal bahasa/ dapat berbicara.
  • Hidup berkelompok dan mengenal pembagian tugas/kerja.
  • Memiliki peradaban.
Bagaimanakah cara mengetahui dan meyakinkan adanya manusia purba itu sendiri? Keberadaan manusia purba dapat diketahui dari fosil-fosil yang ditemukan. Fosil adalah sisa-sisa tumbuhan, hewan, dan bekas kerangka manusia yang sudah membatu. Para ahli sejarah berusaha merekonstruksikan bentuk dan cara hidup manusia pada saat itu dengan melakukan penggalian pada lapisan tanah. Sumber-sumber informasi tentang kehidupan purba masa itu dapat kita ketahui dari:
  • Hasil penggalian fosil. Fosil yang dapat memberi petunjuk tantang kehidupan manusia masa purba dan sebagainya disebut fosil pandu atau leitfosil.
  • Tempat perlindungan di bawah karang (abris sous Roche) yang ditemukan di teluk Triton (Irian Jaya), Pulau Seram, dan di Sulawesi Selatan.
  • Dapur sampah (kjokkenmoddinger) yang ditemukan di Medan (Sumatra Utara), dan Langsa (Aceh).
  • Alat-alat yang digunakan oleh manusia purba (artefak) seperti beliung persegi, kapak lonjong, kapak genggam, serpih, alat pemukul kayu dan lain-lain.
Nah sekarang temen temen sekalian sudah mengerti apa Manusia Purba itu kan....Semoga yang sedikit ini dapat menambah wawasan anda dan juga bermanfaat bagi sobat sekalian. Salam Lintas Blog

Kata Kunci: sejarah manusia purba, pengertian manusia purba, fosil di Indonesia, ciri manusia purba, zaman prasejarah, zaman sejarah, kehidupan manusia prasejarah, penemuan fosil terbaru, peradaban manusia purba, zaman pra-aksara, sistem barter zaman sejarah, jenis fosil, jenis manusia purba, manajemen keuangan
My Ping in TotalPing.com

1 comments:

  1. Makasih ya sob infonya udah share, sangat bermanfaat sekali ...................



    bisnistiket.co.id

    ReplyDelete

 

Blog Archive

Blogroll

About